5 Manfaat Daya Listrik dalam Kehidupan Manusia

5 Manfaat Daya Listrik dalam Kehidupan Manusia

Indonesia kini membutuhkan daya listrik yang banyak, bukan hanya di daerah perkotaan besar saja. Namun kini listrik juga dibutuhkan di desa-desa terpencil, karena kini listrik telah sampai ke pedesaan. 

Listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, jika listrik tidak ada roda ekonomi di Indonesia bisa-bisa macet total. 

Karena seperti yang kita tahu bahwa banyak sekai pabrik-pabrik industri besar yang sangat menggantungkan usahanya pada listrik.

Manfaat Daya Listrik dalam Kehidupan Rumah Tangga
Dalam menjalani kehidupan sehari-harinya manusia pun banyak mengandalkan daya listrik. Mulai dari memasak, belajar, menonton tv, berbagai macam kegiatan sehari-hari lainnya. 

Banyak sekali kegiatan sehari-hari yang menggunakan listrik menunjukkan bahwa listrik itu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. 

Beberapa macam manfaat listrik yang biasa dirasakan diantaranya:
1. Sebagai Penerangan. Saat malam hari tiba dan kegelapan mulai datang, maka manusia-manusia akan mencari penerangan agar tercipta kenyamanan. Listrik menjadi sumber penerangan, yang dibantu oleh media berupa lampu.  Oleh lampu listrik diubah dari energi listrik menjadi energy cahaya.

2. Sumber Energi. Energi listrik menjadi sumber energy bagi kehidupan manusia. Dikatakan sebagai sumber energi karena energy listrik bisa diubah menjadi energi lain. Misalnya energi listrik yang digunakan untuk menjalankan beberapa alat elektronik.

3. Sarana Hiburan. Energi listrik juga dapat dijadikan sebagai media hiburan, karena banyak alat hiburan yang menggunakan energi listrik. Pementasan hiburan juga membutuhkan listrik. Misalnya untuk penerangannya, untuk pengeras suaranya, untuk peralatan pementasannya, dan sebagainya.

4. Dapat Menghasilkan Panas. Listrik juga dapat menghasilkan panas. Misalnya pada oven listrik, energi listrik diubah menjadi energi panas. Kuat arus listrik yang mengalir dengan bantuan nikel atau elemen pemanas lainnya. Contoh lainnya ialah pada kompor listrik, penanak nasi, dan setrika.

5. Menghasilkan gerak. Energy listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari ternyata juga dapat berubah menjadi energi gerak. Banyak kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik untuk menggerakkan sesuatu, salah satu contohnya ialah pada kipas angina. Contoh lainnya ialah, mesin cuci, motor, mobil, dan masih banyak lagi.

Upaya Penghematan Listrik
Dalam upaya penghematan listrik, banyak upaya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik. Meski listrik sangat erat fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan listrik tetap harus digunakan dengan bijak dan tidak boleh seenaknya. Hal ini karena biaya energi listrik semakin mahal, dan apabila sudah mahal maka Anda sendiri yang akan merasakan kesusahannya. 

Di bawah ini ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik, yaitu:
1. Tahu kapan waktunya menyalakan listrik. Untuk dapat menghemat listrik maka Anda harus tahu waktu kapan Anda harus menyalakan listrik dan kapan tidak. Jangan membiarkan tv dan radio yang sudah tidak Anda gunakan terus menyala. Segeralah matikan, saat tidak lagi Anda gunakan.

2. Matikan lampu saat siang hari. Mematikan lampu pada siang hari juga merupakan upaya penghematan listrik. Karena membiarkan lamp uterus menyala sepanjang waktu, dapat membuat daya listrik yang Anda gunakan semakin besar. Oleh karena itu, matikanlah lampu saat siang hari, terkecuali jika cuaca gelap dan Anda membutuhkan penerangan lebih.

3. Gunakan Televisi satu saja. Karena sering rebutan acara tv, maka biasanya para orang tua menyediakan lebih dari satu televisi di rumahnya untuk menghindari pertengkaran. Hal ini justru membuat borosnya penggunaan listrik Anda.

Ulasan Singkat Mengenai Energi Listrik
Energi listrik merupakan energy yang berasal dari muatan listrik, sehingga mampu membuat medan statis dan gerakan electron dalam konduktor atau ion dalam suatu zat. Zat tersebut bisa berupa zat cair atau zat gas. Energi listrik yang bersifat dinamis bisa berubah menjadi energi lain. Sedangkan daya listrik merupakan jumlah total listrik yang digunakan tiap satuan waktuya. 

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts