Cintai Bumi Anda dengan Menghemat Daya Listrik

Cintai Bumi Anda dengan Menghemat Daya Listrik

Penghematan daya listrik menjadi suatu hal yang sangat penting dalam usaha penyelamatan bumi. Beberapa orang tidak percaya bahwa dengan menghemat listrik, dapat menyelamatkan bumi dari kehancuran. Padahal dengan menghemat listrik sama saja dengan memperkecil penyebab global warming. 

Perlu Anda tahu, bahwa penggunaan listrik yang berlebihan dapat menyebabkan pemanasan global, sehingga apabila Anda menghemat listrik sama saja dengan mencegah terjadinya pemanasan global.

Kebutuhan Listrik Dalam Kehidupan
Di zaman modern seperti ini hampir seluruh kegiatan yang Anda lakukan bergantung pada daya listrik. Mulai dari kegiatan kantor, jual beli, talkshow, shooting, industri, pertokoan dan berbagai kegiatan lainnya. 

Jika listrik dimuka bumi ini hilang, dapat dibayangkan betapa kacaunya kehidupan manusia. 

Berbagai akses akan terputus, proses transaksi jual beli terhambat, komunikasi terganggu, dan berbagai kekacauan lainnya akan terjadi.

Pentingnya Menghemat Daya Listrik
Di balik segala kegiatan yang tidak lepas dari penggunaan listrik, jika Anda menggunakan listrik secara berlebihan akan berdampak buruk pada bumi tercinta ini. Untuk menghindari segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi akibat penggunaan listrik berlebih maka kita harus menggunakan energi lain sebagai pengganti listrik. Misalnya Anda mengganti lampu pijar yang Anda gunakan setiap hari, dengan lampu yang hemat energi.

Kegiatan kecil ini tentu sebetulnya merupakan kegiatan yang cukup bijak. Karena bayangkan jika 1000 orang saja berpikiran seperti itu dan menularkan pada orang-orang terdekat yang mereka miliki, maka proses penghematan energy listrik ini akan cepat tercapai dengan baik. Dapat dibayang seberapa banyak energy yang telah dihemat. Selain itu menghemat energi listrik juga dapat menghemat pengeluaran isi dompet ini.

Upaya yang Dapat Digunakan Untuk menghemat Energi
Akhir-akhir ini pasokan listrik ke rumah-rumah warga semakin berkurang. Hal ini diakibatkan oleh semakin menipisnya sumber energi yang tersedia di Bumi tercinta ini. kejadian ini juga menyebabkan harga listrikpun semakin naik dan mahal. Tidak sedikit warga yang kurang menyadari betapa pentingnya upaya penghematan daya listrik ini. Mereka biasanya menganggap spele pemakaian listrik yang over capacity atau terlalu besar.

Untuk tetap menjaga dan mencintai bumi ini, sebetulnya banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk menghemat listrik. Apabila tidak dijaga, bagaimana nanti nasib anak cucu Anda yang hidup di masa depan. Upaya-upaya tersebut tidaklah sulit dan sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari Anda bahkan upaya-upaya tersebut bisa dijadikan sebagai suatu kebiasaan dalam kehidupan Anda. Kira-kira apa sajakah kebiasaan tersebut?

a. Penerangan Rumah
Anda dapat menggunakan lampu hemat daya listrik sebagai pengganti lampu pijar dan letakkan lampu pada posisi yang tidak terlalu tinggi agar mampu menerangi ruangan dengan cukup. Lalu, matikan lampu apabila tidak terlalu diperlukan.

b. Pendingin Udara
Di daerah perkotaan yang panas, rata-rata orang menggunkan pendingin ruangan dalam rumahnya. Untuk penghematan listrik, lebih disarankan untuk membuka jendela sebagai ventilasi udara dari pada menggunakan AC.

c. Peralatan Listrik
Untuk peralatan listrik ini perlakuannya akan berbeda-beda untuk setiap jenis alatnya. Misalnya pada kulkas, Anda dapat menutup pintunya setelah keperluan Anda pada lemari es tersebut selesai. Kemudian jika pada lampu, Anda dapat mematikannya jika tidak terlalu diperlukan. Mematikan televisi yang tidak ditonton, dan berbagai macam upaya lainnya.

Menjaga bumi dari kehancuran merupakan kewajiban seluruh umat manusia yang hidup di bumi. Salah satu hal yang dapat mencegah terjadi kerusakan di bumi ialah dengan menghemat daya. Semoga Anda bisa lebih bersedia untuk menghemat daya listrik demi bumi kita ini.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts