5 Peralatan Rumah Tangga yang Memiliki Daya Listrik Paling Besar

5 Peralatan Rumah Tangga yang Memiliki Daya Listrik Paling Besar

Jumlah daya listrik yang akan terpakai adalah hal yang perlu dipertimbangkan saat pembelian alat-alat elektronik rumah tangga. 

Karena harus disesuaikan dengan besar energi listrik yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membeli barang yang menyedot listrik terlalu besar dan akhirnya tidak dapat terpakai, karena kapasitas tegangan listrik di rumah Anda kurang memadai. Apa sajakah peralatan itu?

Alat-Alat Listrik yang Menggunakan Listrik Besar
Ketika Anda ingin melengkapi peralatan rumah tangga di rumah Anda, Anda perlu memperhatikan jumlah daya yang benda-benda tersebut akan gunakan. 

Telitilah jumlah daya dan watt yang ada pada tiap benda-benda tersebut agar Anda tidak merasa kebobolan saat menggunakannya di rumah. 

Apakah Anda tahu peralatan apa saja? Maka Anda bisa membaca daftar perlatan tersebut di bawah ini:

1. Ac atau Air Conditioning
Jumlah listrik yang disedot Ac memang beragam, tergantung jenis AC yang Anda gunakan. Mulai dari yang hemat energy dan memiliki daya rendah, hingga ada AC yang penggunaan listriknya besar. Pemakaian listrik AC yaitu mulai dari 2 pk, 1 pk (memakai listrik sekitar 700 watt) , ¾ pk (memakai listrik sekitar 500 watt), ½ pk (memakai listrik sekitar 300 watt).

2. Pompa Air Listrik
Pompa Air listrik merupakan alat rumah tangga yang paling utama. Karena, hampir segala aktivitas dalam rumah tangga bergantung pada air. Dilihat dari daya yang dia pakai, pompa air listrik ini terdir dari berbagai jenis mulai dari yang kemampuan sedotnya rendah, sedang, hingga kuat. Mulai dari ½ Ampere (100 Watt) sampai 6 Ampere (10 ribu watt).

3. Kulkas Listrik
Kulkas berfungsi untuk menyimpan makanan atau minuman agar tetap segar dan awet tidak cepat membusuk. Pemakaian daya listrik pada kulkas tidak terlalu besar, untuk kulkas dengan satu pintu memakai listrik sekitar 50 – 80 Watt sedangkan untuk kulkas dua pintu biasanya jumlah listrik yang dipakai ialah 100 – 120 Watt. Semkain besar kapasitas kulkas, maka semakin besar penggunaannya.

4. Komputer Listrik
Komputer ataupun Laptop kedua-duanya membutuhkan listrik yang besar. Komputer yang standar tanpa VGA Card, menggunakan daya listrik di atas 170 Watt, apabila ditambahkan dengan perangkau VGA maka pasti jumlah penggunaan listriknya semakin besar. Komputer dengan VGA DDR3 memakai daya listrik sebesai 270 watt. Untuk Komputer dengan VGA keluaran terbaru pemakaian listriknya bisa melebihi 500 Watt.

5. Mesin Cuci
Peralatan rumah tangga yang satu ini sepertinya sudah dimiliki hampir oleh setiap rumah tangga. Karena, alat ini dapat membantu pekerjaan rumah tangga terutama pekerjaan seorang ibu yaitu mencuci. Ternyata mesin cuci ini memakai listrik yang cukup besar yaitu, antara 250 sampai 300 Watt. Oleh karena itu, pakailah mesin ini secukupnya agar dapat membantu penghematan listrik.

Pentingnya Menghemat Daya Listrik
Pada dasarnya listrik berasal dari bahan bakar fosil atau batu bara, dimana jika kita menggunakannya secara terus menerus maka emisi karbon yang dihasilkan akan semakin besar. Sehingga dapat mencemari lingkungan sekitar kita. Sehingga dapat menyebabkan global warming atau pemanasan global. Pemanasan global ini diakibatkan tingginya kadar karbon dioksida dalam udara. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda menghemat listrik yang akan Anda gunakan.

Cara Menghemat Daya Listrik
Untuk menghemat penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu benda-benda apa saja yang menyedot daya dengan besar. Setelah Anda mengetahuinya, maka Anda harus mengurangi frekuensi pemakaian peralatan tersebut. Matikan lampu saat siang hari, dan gunakanlah hanya pada waktu tertentu saja. Apabila Anda sedang menonton TV, matikanlah televisi jika sudah tidak lagi ditonton agar dapat menghemat daya listrik.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts