Begini Dampak Negatif Daya Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Begini Dampak Negatif Daya Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Manusia kini sangat bergantung sekali pada daya listrik. Bagaimana tidak? Hampir seluruh aktivitas manusia saat ini sangat bergantung pada energi listrik. Mulai dari pekerjaan, perdagangan dan aktivitas lainnya. Namun, di balik semua itu apakah para manusia termasuk Anda pernah berpikir mengenai efek negatif listrik terhadap kehidupan yang Anda jalani? 

Jika iya, maka silahkan lanjutkan membaca tulisan ini hingga akhir.

1. Ventricular Fibrillation, maksudnya yaitu melemahnya atau bahkan terhentinya kerja jantung pada tubuh manusia sehingga jantung tidak dapat melakukan pompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Hal ini di akibatkan oleh sengatan listrik yang terjadi pada tubuh manusia.

2. Suffocation, merupakan gangguan pada pernafasan yang disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada paru-paru sehingga menyebabkan manusia menjadi sulit bernafas. Manusia yang telah mengalami suffocation akibat sengatan listrik harus segera ditangani karena dampak paling buruk dari suffocation ini ialah kematian.

3. Terbakar akibat efek panas dari listrik, adanya hubungan singkat antara fasa dengan netral akan menyebabkan terjadinya timbul bunga api. Apabila dalam kedua kabel tersebut sedang mengalirkan daya listrik, kemudian Anda menyentuhnya maka Anda akan terbakar.

4. Kerusakan sel tubuh manusia, karena energi listrik yang mengalir. Pada dasarnya tubuh manusia 2/3 nya adalah air, sehingga membuatnya dapat mengalirkan listrik. Oleh sebab itu Anda dapat mengalami kesetrum karena ada aliran listrik yang mengalir pada tubuh Anda. Dan jika arus yang mengalir besar, dapat menyebabkan kematian.

Efek Negatif dari Daya Listrik
Ternyata hukum Ohm juga berlaku pada manusia, namun rangkaian listrik dengan manusia sebagai konduktornya akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi manusia tersebut. Seperti yang telah dibahas di atas, manusia yang terkena sengatan listrik dapat mengalami beberapa kelainan, hingga menimbulkan kematian. Oleh karena itu jangan pernah Anda mencoba-coba untuk menjadi relawan konduktor listrik. 

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai hukum Ohm:
1. Arus listrik, arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian dapat menjadi boomerang bagi Anda. Pada suatu kondisi tertentu listrik dapat menjadi berbahaya untuk manusia, apabila manusia menyentuh arus listrik secara bersamaan dengan netral, sehingga akan menghasilkan beda potensial.

2. Tegangan listrik, peralatan listrik dapat bekerja ketika benda tersebut memiliki tegangan listrik. Perlu Anda ketahui bahwa arus listrik tanpa tegangan listrik itu tidak akan berbahaya karena tidak akan menghasilkan beda potensial sehingga arus listrik tidak akan mengalir.

3. Hambatan atau Resistansi, Sebetulnya manusia memiliki hambatan atau resistansinya sendiri. Sehingga apabila manusia terhubung dengan tegangan listrik maka hukum Ohm akan berlaku, dengan manusia sebagai hambatannya.

Pengaruh Negatif Listrik Terhadap Manusia
Sebetulnya ada beberapa faktor penyebab sengatan listrik berbahaya bagi manusia dan menyebabkan dampak yang serius seperti cacat fisik bahkan kematian. Besarnya arus listrik yang mengalir pada tubuh seseorang akan ditentukan oleh besarnya nilai tegangan listrik yang mengalir pada tubuh manusia tersebut. Kemudian aliran arus yang ada dalam tubuh juga dapat mempengaruhi tingkat akibat sengatan listrik. Lama waktu sengatan listrik juga mempengaruhi dampak dari sengatan listrik.

Mencegah Terjadinya Sengatan Daya Listrik
Untuk dapat mencegah terjadinya sengatan listrik pada manusia, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya yaitu dengan menggunakan alas kaki berbahan dasar karet, menggunakan sarung tangan isolator, memakai pelindung kepala, ketika sedang terhubung dengan arus listrik usahakan untuk tidak menyentuh dinding dan lantai. Yang terakhir adalah menggunakan alat pengaman agar aman dari sengatan yang dihasilkan daya listrik.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts