Jumlah Biaya dan Cara Tambah Daya Listrik

Jumlah Biaya dan Cara Tambah Daya Listrik
Di zaman serba modern ini, daya listrik sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi masyarakat. Saking pentingnya listrik ini, tidak sedikit masyarakat yang menginginkan untuk tambah daya karena kapasitas daya yang mereka miliki tidak mencukupi kebutuhan listrik yang mereka perlukan. 

Mereka ingin menambah daya karena agar saat mereka menggunakan seluruh keperluan listrik mereka secara bersamaan, listriknya akan tetap stabil dan alirannya tidak terputus.

Cara Tambah Daya Listrik
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan daya listrik, maka banyak yang mencaritahu bagaimana caranya agar bisa menambah energi listrik. 

Ternyata, sekarang kapasitas energi listrik ini bisa ditambah dan Anda tidak perlu khawatir lagi takut arus listrik Anda terputus saat dipakai bersamaan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menambah energy listrik, diantaranya:
1. Agar lebih mudah, sebaiknya Anda melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada petugas PLN dengan menelponnya dan meminta izin atau meminta bantuan untuk menambah energi listrik.
2. Kumpulkan segala dokumen yang diperlukan untuk tambah daya. Dokumen-dokumen tersebut akan disampaikan oleh petugas PLN saat Anda melakukan konfirmasi padanya. Atau mungkin Anda bisa menanyakan dokumen-dokumennya kepada tetangga yang sudah pernah melakukan tambah daya. Dokumen yang diperlukan itu diantaranya:
· Fotokopi rekening listrik terakhir.
· Fotokopi KTP pemohon.
· Denah lokasi bangunan atau rumah.
3. Siapkan biaya yang diperlukan untuk tambah daya. Rincian biayanya yaitu:
· Biaya Penyambungan (BP).
· Uang Jaminan Pelanggan (UJL).
· Materai.
· Lakukan pembayaran di loket Unit PLN.

Cara Tambah Daya Listrik Online
Sesuai perkembangan zaman yang sudah serba praktis dan serba online. Kini, Anda pun dapat melakukan tambah daya listrik secara online. Pembayaran secara online ini dilakukan melalui situs resmi PLN. Kemudian nanti Anda akan mengisi ID pelanggan atau ID Meter, lalu klik dan tunggulah sampai data pelanggan Anda terpampang pada database PLN. Centang pada pilihan copy data pelanggan.

Setelah itu isilah berapa perubahan daya yang Anda inginkan. Lalu, akan muncul nominal biaya yang harus Anda bayar. Jika sebelumnya Anda masih menggunakan meteran lama dengan sistem pasca bayar, maka petugas PLN akan menggantinya dengan meteran yang baru. Yaitu yang menggunakan sistem pra bayar. Namun sistem ini menanggung banyak protes, karena pembayarannya jadi lebih mahal.

Setelah prosesnya selesai, Anda akan mendapat email dari PLN yang berisikan permohonan perubahan daya yang baru saja telah Anda lakukan. Dalam email tersebut Anda akan diminta konfirmasi dengan mengklik link yang ada disana. Melalui link tersebut Anda akan kembali ke situs PLN dan Anda akan mendapatkan kode bayar beserta jumlah uang yang harus dibayar. Kode tersebut akan dikirimkan ke email Anda.

Setelah mendapatkan kode pembayaran, silahkan lakukan pembayaran di tempat-tempat yang melakukan kerja sama dengan PLN, seperti Bank tertentu, Kios PPOB, atau Kantor Pos Indonesia. Jika di Kantor Pos akan dikenakan biaya Rp 1.900. Setelah melakukan pembayaran, Anda tinggal menunggu saja petugas PLN datang kerumah Anda. Proses pengerjaan akan berlangsung selama 7 – 10 hari. Tergantung akses menuju lokasi rumah Anda.

Berapa Biaya Tambah Daya Listrik?
Berdasarkan informasi dari call center PT PLN (Persero) 123, biaya yang Anda butuhkan untuk tambah daya dari 450 VA menjadi 1.300 VA yaitu Rp 799.450. Untuk perubahan daya dari 900 VA menjadi 1.300 VA adalah Rp 377.800. Biaya ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara tambah daya ini, semoga Anda bisa melakukannya dengan baik. Jika masih tidak mengerti tentang tambah daya listrik ini, Anda dapat bertanya pada orang yang telah pernah melakukan tambah daya.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts